Monday, November 09, 2009

Nonton Kills your idol (walaupun cuma sepotong), ada potongan quote dari Lydia Lunch vokalis dari salah satu band No Wave New York, Teenage Jesus And The Jerk yang bikin saya sedikit nyengir, saya lupa pastinya dia bilang apa tapi intinya “the reason u play music not because u can do it, but play music because if u don’t play it u will be insane, hurt yourself or maybe kill somebody”


Well..segitu pentingnya musik, tapi buat musik adalah sesuatu yang bikin saya inget sama keluarga saya..


  1. kakek saya bernama R. Eddy Suwardi, dia adalah seorang tentara, apa hubungan dia dengan musik? Kakek saya orang yang selalu menghibur cucunya, waktu saya kecil saya dan saudara-saudara saya selalu dihibur dengan permainan sulapnya. Dia bisa dengan tiba2 mengeluarkan buah rambutan atau cokelat beng-beng dari tangannya, dan hebatnya setiap kami minta dia untuk melakukan sulap dia selalu berhasil. Saya selalu heran,masa iya setiap saat dan dimanapun kakek saya berhasil dengan sulap rambutan dan beng-beng? padahal kan rambutan gak selalu musim. Tapi pernah sekali saya masuk ke kamarnya menemukan satu kantong plastik berisi stok buah rambutan, dan saya yang waktu itu masih kecil langsung bilang dalem hati, “oh pantes!”. Anyway bukan itu inti cerita saya, kakek saya mungkin salah satu orang penting yang mengenalkan musik pada saya dan saudara-saudara saya, dia seorang pemain gitaris dan pianis yang handal, walaupun dia mengaku gak bisa baca not, lagu-lagu yang dia mainkan adalah lagu-lagu era 50an,lagu-lagu yang selalu dimainkan pelaut amerika tahun 50an ketika di bar dan ketika memainkan gitar dia selalu memainkan style yang sedikit blues dan hawaian, pokoknya lagu-lagu yang hawai-hawaian gitu deh. Ada satu lagu yang selalu dia mainkan, lagu itu lagu jadul tahun 50an, dia pernah menyebutkan siapa nama penyanyinya tapi saya lupa. Dimanapun ketika cucu-cucunya minta dia main gitar atau piano pasti dia mainin lagu itu, pokoknya saya dan saudara-saudara saya menyebut lagu itu “lagu aki”. Pernah sekali waktu saya nonton spongebob and the squarepants tiba-tiba “lagu aki” itu diputer sebagai background music, langsung keinget sama si aki, coba kalo aki masih ada saya bakal tanya bener-bener siapa penyanyinya dan bakal cari lagu itu sampe ketemu, tapi sekarang sih udah terlambat. Owyah gitar warisan aki sekarang ada pada saya, ehmm udah jadi resolusi saya dari taun lalu untuk belajar gitar, biar bisa main gitar yang bener tapi sampe sekarang boro-boro.. jadi gitarnya masih gitu-gitu aja.. maaf ya ki

  1. itu kakek saya dari keluarga mama saya, kalo dari keluarga papa saya hampir semua keluarga ayah saya bisa main musik, terutama gitar, mereka suka sekali bernyanyi. Setiap lebaran adalah waktunya berkumpul, harus ada 2 hal penting yang selalu tersedia. Yang pertama makanan yang nyundaaaa banget, dari mulai ikan asin, sambel segala jenis, pete-jengkol dan segala lalapan,yang kedua adalah seperangkat alat band, seperti lebaran kemarin, giliran keluarga saya yang tinggal dibogor untuk jadi tuan rumah, dan di teras rumahnya sudah tersedia seperangkat alat band lengkap, maka dimulailah ritual dimana seluruh keluarga akan menyumbangkan hiburan, kadang mereka (yang sudah tua-tua) akan bernyanyi dengan suara satu, suara dua, sampe suara seribu mungkin yah, yang pasti harmonisasinya bener-bener bikin saya takjub. Kemudian yang paling bikin saya kaget kakak papa saya yang biasa saya panggil ‘ua ayi’ tahun ini menginjak usia 60 tahun, dia baru saja pensiun sebagai PNS dan dulunya juga pernah mengajar gitar klasik, dia suka dengerin Rocket Rockers!. Suatu malem saya mergokin dia yang belum tidur lagi duduk di meja makan, sambil dengerin lagu Rocket Rockers yang judulnya ‘ingin hilang ingatan’ dari loudspeaker handphone-nya (c’mon guys..she’s 60 years old, and listen to RR, isn’t that cool?)

  1. Kali ini musik blues, ayah saya sangat suka Eric Clapton dan dia juga memainkan gitar sambil bernyanyi setiap hari kalo baru pulang kantor, blues tentunya! Dan ternyata pepatah ‘like father like son’ itu betul juga, karena adik saya baru berumur 20 tahun tapi jangan tanya dia tentang musik apa yang lagi in sekarang, karena dia tidak mendengar arctic monkeys, dia tidak mendengarkan peewee gaskin dan dia juga bukan penggemar saosin (saya juga agak heran kok bisa gitu, gaul ama siapa sih dia?!), dia lebih tertarik mendengarkan Bob Dylan, Cream, AC/DC dan beberapa musisi blues lainnya, malah saya baru tau dan dengerin blues waktu ngoprek komputernya dia. Kadang-kadang mereka sering berkolaborasi adik saya main gitar dan ayah saya nyanyi…teteup blues! Belum selesai, sepupu saya malah lebih hebat lagi, dia cewek umurnya setahun lebih tua dari saya, kalo mungkin aki nurunin bakat musik, porsi paling besar didapet sepupu saya ini, windy septriani, gitaris dari band bandung jack n 4man, kalo soal blues, it’s coming from her soul, gak cuma bisa nyanyiin, bisa bawain musik blues tapi dia juga bisa bikinnya. Gak kalah deh kalo mau diadu ama prisa, hehe… nu jiga prisa mawakeun metal mah loba, nu mawakeun blues? Haha.. kayaknya jarang deh.


That’s how music reminds me of my family. Someday kita bikin band keluarga yah… =)



No comments: